Titanium VS Stainless Steel

Jam tangan kebanyakan diproduksi dengan menggunakan stainless steel, namun telah terjadi peningkatan jumlah jam tangan dengan bahan titanium. Popularitas jam tangan titanium telah meningkat sejak sekitar 2000 karena titanium adalah logam ringan dengan berat sekitar 50 persen lebih ringan dari stainless steel dan tahan terhadap korosi. Jam tangan sport yang dipasarkan untuk pemakaian dalam air sering terbuat dari titanium.Berikut perbedaannya:

Lebih Kuat dan Lebih Ringan

Titanium memiliki kemampuan sekitar 30 persen lebih kuat dari Stainless steel namun beratnya hanya sekitar setengah dari stainless steel. Titanium adalah bahan perak abu-abu yang digali dari endapan pasir dan batuan beku. Titanium terutama digunakan NASA dan konstruksi pesawat terbang. Kualitas dari titanium yang menimubulkan reaksi oksidasi yang tidak dapat menimbulkan korosi atau karat, menurut Euroaestar.com.

Titanium VS Stainless Steel

Perbedaan yang jelas antara titanium dan stainless steel adalah bahwa casing jam tangan stainless steel lebih berat daripada titanium. Hal ini tidak berubah sejak gaya jam tangan dalam dekade pertama abad ke-21 telah berevolusi untuk jam tangan yang lebih besar dan lebih berat untuk memberikan apa yang penggemar jam tangan sebut sebagai "kehadiran jam tangan." Meskipun jam tangan Titanium lebih tahan lama, namun titanium dapat retak di bawah tekanan ekstrim atau goresan. Casing titanium tidak dapat diperbaiki. Sedangkan casing Stainless steel dapat diperbaiki. Titanium memiliki sifat hypoallergenic. Sedangkan stainless steel dapat menjadi tidak nyaman untuk dipakai jika kulit berkeringat.

Olahraga Air

Tren fashion jam tangan telah berkembang sejak akhir 1990-an untuk jenis jam tangan sport. Jam tangan ini sangat tahan air. Jam tangan ini mampu menampilkan fungsi chronograph seperti stopwatch dan mengukur kedalaman air. Titanium telah mendapatkan popularitas lebih karena lebih cocok untuk kontak dengan air daripada stainless steel dan tidak akan menimbulkan korosi.

Kelebihan Stainless Steel

Titanium tidak akan menggantikan stainless steel dalam waktu dekat. Titanium lebih mahal daripada stainless steel. Merek jam tangan low-end dan desainer yang menggunakan titanium diantaranya Citizen, Seiko, Skagen, Adidas dan Lacoste, harus menjual jam tangan mereka sedikit lebih tinggi dari merek yang sama yang menawarkan jam tangan dalam stainless steel. Stainless steel dapat diperbaiki dan dilapisi emas jika diinginkan. Melapisi jam titanium tidak mungkin. Karena jam tangan titanium mudah tergores, dan upaya untuk menghilangkan goresan lumayan sulit. Goresan pada casing stainless steel relatif mudah dihilangkan.

Bagikan :  

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami

  • Penulis : Ulwan
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 085-35-858-2012
  • PIN BBM : 7513C416
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim