Bagian-bagian Pada Jam Tangan

Bagi seorang wanita, jam tangan hanya berfungsi memberitahu waktu dan agar nampak cantik. Diluar fungsi utama tersebut, wanita menginginjan aksesori yang terlihat indah di pergelangan tangannya. Bagi seorang pria jam tangan membawa signifikasi dalam masyarakat. Jam tangan itu haruslah nampak bagus, dan bekerja dengan benar, namun bagi pria jam tangan juga menjadi sebuah simbol status dalam masyarakat. Semakin mahal jam tangan itu telihat maka semakin ia merasa statusnya tinggi. Berikut bagian bagian umum dari jam tangan:

Dial

Dial adalah bagian dari jam dimana anda melihat waktunya. Di jam tangan pria, pada bagian dialnya lebih besar/lebar dibanding dengan jam tangan wanita. Jarum jam adalah bagian kecil yang terbuat dari metal yang menandai waktu dalam jam analog. Jarum jam kecil menandakan jam, sedangakan jarum jam panjang menandakan menit. Jarum jam yang lebih kecil menunjukan detik. Bagian pada permukaan jam yang melindungi dial disebut dengan crystal (bagian kaca lah kalau di indonesia), biasanya untuk jam tangan asli terbuat dari salah satu jenis bahan seperti safir buatan dan cyrstal mineral, keduanya anti gores namun mudah pecah atau pexiglass yang tidak mudah pecah namun mudah tergores.

Case

Biasa disebut juga casing, bagian pada jam tangan yang melindungi komponen mekanis dari jam tangan. Pada jam tangan analog terdapat sebuah bagian yang disebut mahkota dimana berfungsi untuk mengatur jarum jam agar dapat diputar dan disesuaikan dengan waktu yang ada. Pada beberapa jam mahkota ini juga berfungsi mengatur kalender.

Gears

Atau biasa disebut gigi di Indonesia. Terdapat dibagian dalam jam yang bentuknya sama saja baik di jam tangan pria ataupun wanita. Bagian utama dalam jam tangan tersebut meliputi mainspring tempat dimana energi utama berada, hairspring gigi dan roda penyeimbang untuk mengatur pergerakan jarum jam, lalu ada escapement yakni gigi dan roda untuk menyalurkan energi dari mainspring ke hairspring, dan ada pula cabang pengatur dari mahkota yang digunakan untuk mengubah jarum jam atau pendulum pemberat untuk jenis otomatis

Tali/Gelang Pengikat

Sama halnya seperti dial, gelang pengikat jam tangan pria biasanya lebih besar dibanding dengan jam tangan wanita baik dari segi lebarnya ataupun linknya. Link ini adalah bagian gelang jam tangan yang terbuat dari metal atau stainless steel (untuk jenis ini disebut link). Sedangkan yang lain biasanya terbuat dari kulit, pakaian, atau plastik. Gelang pengikat ini melekat pada setiap sisi dari casing di sebuah batang logam ramping yang bernama lug. Ada pengikat di ujung kedua tali pengikatnya agar ketika dipakai dapat tetap melekat.

Bagikan ke Teman :  

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Ulwan
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 085-35-858-2012
  • PIN BBM : 7513C416
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim