Fitur Jam Tangan yang Wajib ada Untuk Para Pendaki

Hiking atau mendaki gunung yang sedang digandrungi kawula muda menawarkan petulangan sarat tantangan seru. Di lain pihak, aktivitas ini membutuhkan persiapan matang, terutama menyoal fisik kita yang hendak mendaki. Pasalnya, pendakian di alam bebas membutuhkan tenaga dari hampir seluruh anggota tubuh. Awalnya mungkin melelahkan, tetapi mendaki gunung secara berkala yang diikuti latihan fisik yang tepat bakal membawa banyak manfaat, di antaranya meningkatkan stamina, memperkuat otot tubuhm hingga menaikkan performa jantung maupun paru-paru.

   

Selain itu, agar tenagamu tidak terbuang sia-sia, pastikan peralatan yang dibawa buat mendaki sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kamy menyertakan barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan dan melupakan item-item yang sesungguhnya menunjang pendakian.

Barang-barang paling dasar yang wajib dibawa dalam pendakian meliputi sleeping bag, baju cadangan, makanan dan minuman kemasan, penerangan, alat komunikasi, dan alas kaki tambahan. Kemudian, ada alat-alat yang bakal membantumu dalam menentukan perjalanan seperti barometer, termometer, dan kompas. Walau terkesan sepele, perlengkapan ini sangat dibutuhkan keberadaannya—khususnya untuk para pendaki pemula yang belum familier dengan alam bebas.

Namun, membawa empat alat tersebut akan merepotkan, bukan? Apalagi kalau ranselmu sudah terlalu penuh. Nah, untuk mengatasinya, kamu dapat memakai satu benda yang menggabungkan ketiga alat tadi, yakni jam tangan dengan fitur kompas digital.

Jam tangan dengan fitur khusus untuk para pendaki

Arloji atau jam tangan termasuk item yang mengikuti perkembangan teknologi. Kalau dulu jam tangan hanya berperan sebagai penunjuk waktu, sekarang benda ini dibekali dengan fitur seperti kompas hingga termometer. Untuk lebih detailnya, berikut ini spesifikasi jam tangan dengan kompas digital yang digemari para pendaki.

  • Digital compass. Kompas umumnya mempunyai bentuk seukuran genggaman tangan dengan jarum magnet yang bakal menunjukkan arah mata angin. Namun sekarang, ada digital compass atau kompas digital yang berfungsi sebagai alat navigasi di arloji modern. Tidak seperti kompas konvensional, jenis kompas ini memperlihatkan mata angin secara digital dengan hasil yang lebih akurat. Sehingga, peluangmu tersesat di gunung pun dapat berkurang;
  • Altimeter. Belum pernah mendengar nama alat ini? Altimeter merupakan alat yang mengukur ketinggian atau tinggi tempat dari permukaan bumi sesuai tekanan udara. Alat ini biasanya akan kamu jumpai di pesawat terbang. Meski demikian, altimeter juga dimanfaatkan dalam pendakian dengan kepentingan tertentu. Beberapa jam tangan berteknologi canggih sudah melengkapi item mereka dengan altimeter untuk memudahkan perjalanan pendaki di gunung;
  • Barometer. Kita pasti sudah pernah mendengar barometer, yakni alat untuk mengukur tekanan udara untuk memprediksi cuaca maupun ketinggian sebuah tempat. Barometer sangat diperlukan dalam pendakian untuk mencegah perubahan cuaca yang mendadak. Jika kamu belum tahu cara mengukur dengan barometer, tanyakan kepada pendaki profesional yang sudah terbiasa dalam menggunakan item-item pengukuran dalam pendakian;
  • Termometer. Dalam hal ini, termometer tak hanya berfungsi sebagai pengukur suhu badan kita. Alat pengukur tersebut dapat membantu pendaki memeriksa temperatur cuaca hingga air yang akan digunakan untuk memasak makanan. Seperti halnya kompas digital, termometer yang ada di jam tangan modern sudah memperlihatkan hasil dengan hasil digital secara akurat, bahkan menyediakan pilihan satuan suhu seperti Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin;
  • Water resistant. Fitur ini menjadi yang diutamakan pendaki, mengingat kamu akan menjumpai suhu hingga cuaca tak menentu di sepanjang perjalanan. Kabut, embun, hingga hujan mengenai pakaian dan benda-benda yang dipakai, termasuk jam tangan. Arloji yang bersifat water resistant umumnya tak hanya tahan paparan air dalam waktu lama, tetapi juga bisa tetap berfungsi walau tenggelam ke perairan berkedalaman hingga 100 meter.

Dengan jam tangan berfitur dan berteknologi kekinian, pendakian pun bakal lebih mudah dilaksanakan. Harganya memang lebih mahal dibandingkan jam tangan biasa, tetapi hal tersebut setara dengan benefit dan keunggulan yang akan kamu dapatkan selama pendakian berlangsung. Kendati demikian, kita pun tetap harus memperhatikan aspek lain seperti peralatan, jadwal, hingga rute/trekking yang akan diambil untuk mencapai puncak gunung yang dituju.

Bagikan ke Teman :  

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Admin
  • Marketing : Tiara, Deri
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0853-58-58-2012
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim