Jenis Baterai Jam Tangan

Pada saat masih menggunakan rompi saku, ketika orang mengenakan jam tangan dengan rantai, apa yang membuat jam saku tetap bergerak adalah mesin yang diproduksi oleh Swiss. Jam tangan semi-powered masih tersedia saat ini, tetapi pada umumnya menggunakan baterai. Meskipun kebanyakan baterai jam dapat diganti, namun jika produsen menentukan satu jenis, anda mungkin akan mengorbankan integritas jam tangan anda jika anda menggunakan baterai jenis lain.Berikut adalah jenis-jenis baterai jam tangan:

Alkalin

Di antara baterai jam tangan yang umum, jenis baterai paling mahal adalah baterai alkalin 1,5 volt. Baterai ini sering baterai digunakan jam tangan murah. Baterai ini juga dikenal sebagai baterai tombol karena ukuran dan bentuknya, dan dayanya yang mudah habis setelah beberapa bulan saja dipasang. Jika anda tidak segera menggantinya anda akan mengalami tegangan tidak konsisten yang akan mempengaruhi keakuratan arloji Anda.

Lithium

Baterai lithium kecil tapi kuat, dengan kapasitas 3 volt - yang tertinggi yang pernah ada - dan umurnya hingga satu dekade ketika digunakan dalam jam tangan yang rendah daya. Meskipun akan mempersingkat masa pakainya, baterai lithium juga dapat digunakan dalam jam tangan dengan lampu atau jam tangan rendah daya lainnya.

Merkuri

Baterai jam tangan merkuri , biasanya lebih kecil dari lithium, memiliki kapasitas 1,36 volt dengan daya tahan sebanding dengan yang dari alkalin tetapi dengan tegangan yang lebih konsisten. Namun, merkuri adalah unsur sangat beracun, jadi pastikan untuk membuang baterai yang telah digunakan dengan cara yang aman. Di beberapa tempat, baterai merkuri telah dilarang pemakaiannya sama sekali.

Oksida Perak

Baterai oksida perak adalah jenis yang paling umum. Baterai ini lebih kecil dari merkuri dan mampu bertahan setengah lebihnya dari merkuri. Baterai ini memiliki tegangan 1,62-volt dengan kapasitas tegangan yang sama konsisten dengan merkuri dan dibuat dengan cara yang sama. Rasio energi tinggi dan lebih ringan membuat baterai ini dapat bertahan lama, namun kadar perak dalam pembuatannya membuat baterai perak oksida mahal untuk diproduksi.

Sel Surya

Baterai tenaga matahari diisi ulang menggunakan cahaya yang menembus masuk ke permukaan jam tangannya, sehingga anda tidak perlu mengganti baterai. Juga, baterai surya tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang ditemukan di baterai biasa, sehingga pembuangan baterainya tidak menjadi masalah.Salah satunya seperti pada Citizen Eco-Drive:JR-3080-51L

Bagikan ke Teman :  

2 komentar di “Jenis Baterai Jam Tangan

  1. erwin says:

    terimakasih infonya, sangat bermanfaat

  2. Albert says:

    Terimakasih min, jam tangan klasik MTP-VS02GL-9A sudah diterima dengan selamat

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Ulwan
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 085-35-858-2012
  • PIN BBM : 7513C416
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim