Mengenal Penghargaan Oscars di Industri Jam Tangan

Jika di dunia perfilman ada penghargaan prestisius Academy Awards dengan piala Oscarnya, maka industri jam tangan juga punya. Penghargaan yang paling prestisius di dunia terkait dengan watchmaking adalah Grand Prix d'Horlogerie de Genève atau Grand Prix Pembuatan Jam Genewa. Seperti dilihat dari namanya, penghargaan ini memang digelar oleh negara yang terkenal dengan jam tangannya, yaitu Swiss.

Tak mengherankan memang jika penghargaan jam tangan paling prestisius ini digelar di Genewa, Swiss. Nah selanjutnya yuk berkenalan bagaimana sejarah penghargaan ini hingga bermacam-macam kategori penghargaannya. Simak yuk!

Awal Mula Penghargaan

Penghargaan prestisius bagi pembuat jam tangan ini pertama kali diadakan pada tahun 2001. Yayasan penaungnya, The Foundation of the Grand Prix d'Horlogerie de Genève (GPHG) dikenal sebagai organisasi publik yang didirikan di Genewa pada 31 Mei 2011. Sebelumnya bernama Fédération de l'industrie horlogère suisse atau disebut sebagai Federasi Industri Pembuatan Jam Tangan Swiss, yang mana menjadi payung dari industri jam tangan di Swiss.  Anggota pendiri organisasi ini terdiri dari:

  1. The Republic and Canton of Geneva
  2. The City of Geneva
  3. The Musée International de l'Horlogerie/International Museum of Horology (MIH) in La Chaux-de-Fonds
  4. The Geneva Laboratory of Horology and Microengineering (Timelab)
  5. The Edipresse group
Tujuan utama dari yayasan ini adalah untuk berkontribusi pada promosi Industri pembuatan jam tangan Swiss dan nilai-nilanya kepada dunia.

Tentang Penghargaan GPHG

Yayasan setiap tahun menggelar Grand Prix d'Horlogerie de Genève (GPHG), yang dimaksudkan untuk menghormati keunggulan produksi jam tangan dan setiap tahunnya memberikan penghargaan akan kreasi terbaik serta pelaku terpenting di sektor pembuatan jam tangan.

Acara pemberian penghargaan GPHG biasanya digelar pada bulan November di Grand Théâtre de Genève dihadiri oleh para elit representatif di bidang pembuatan jam tangan.

Jam tangan nominasi (pra seleksi) GPHG sebagaimana pemenangnya juga ikut berpartisipasi dalam pameran yang memungkinkan para pengunjung dari berbagai negara bisa mempelajari dan mengagumi jam tangan terbaik pada tahun itu. Pameran ini sendiri diagendakan digelar antara bulan Oktober hingga November di negara-negara yang memiliki minat tinggi pada pasar jam tangan.

Sebagai komitmen untuk menggelar penghargaan yang transparan, terpercaya, dan akuntabel pihak Yayasan memastikan keahlian dari para Komite Penasehat. Komite ini selalu menggelar pertemuan di setiap tahunnya untuk memberikan saran kepada Dewan Penasehat Yayasan terkait pemilihan juri. Pemilihan juri ini terbuka kepada seluruh pemimpin perusahaan dan ahli yang diakui di bidangnya.

Meski terbilang muda, GPHG telah menjadi salah satu penghargaan paling penting di dunia jam tangan. Tak heran kalau penghargaan ini disebut-sebut sebagai Oscars-nya industri jam tangan.

Trofi GPHG

Trofi penghargaan GPHG dibuat oleh seorang desainer grais asal Genewa bernama Roger Pfund yang juga sebelumnya mendesain paspor dan dan uang kertas Swiss. Trofi ini dibuat dalam bentuk tangan yang menyimbolkan keterampilan dan keahlian sebagai kunci pembuatan jam tangan. Pfund mendapat inspirasi dari lukisan Michelangelo di langit-langit Sistine Chapel dimana Tuhan menyentuh tangan Adam untuk memberinya kehidupan. Piala terbuat dari perunggu berlapis emas oleh perusahaan yang berbasis di Jenewa bernama Bélart SA.

Kategori Pemenang

Setiap tahun, 28 panel juri dari berbagai bidang industri seperti jam tangan, perhiasan, retail, dan jurnalis berkumpul untuk menentukan jam tangan mana yang jadi terbaik di tahun itu. Penghargaan ini sendiri terbagi ke dalam 15 kategori mulai dari jam tangan sport hingga jam tangan unik artistik dengan memiliki komplikasi tertentu. Ada juga special jury prize yang tahun 2016 diberikan kepada The George Daniels Educational Trust.

Sejak digelar, perusahaan yang sering mendapatkan penghargaan diantaranya Audemars Piguet sebanyak 9 kali kemenangan, disusul TAG Heuer 8 kali, Vacheron Constantin dan F.P journe masing-masing 7 kali, Patek Philippe 6 kali. Kemudian yang mendapatkan 5 kali kemenangan ada Piaget, Chopard, Zenith, A. Lange & Söhne, Jaeger-LeCoultre, dan Cartier.

Nah di bawah ini adalah daftar kategori dan pemenang di tahun 2016:

  1. Aiguille d’Or (Grand Prize): Chronométrie Ferdinand Berthoud FB 1
  2. Calendar: MB&F Legacy Machine Perpetual
  3. Ladies': Piaget Limelight Gala Milanese Bracelet
  4. Artistic Crafts: Piaget Protocole XXL "Secrets & Lights" Venice Micro-Mosaic
  5. Men's: Grönefeld 1941 Remontoire
  6. Ladies' High Mechanical: Girard-Perregaux Cat's Eye Tourbillon With Gold Bridge
  7. Chronograph: Montblanc 1858 Chronograph Tachymeter Limited Edition
  8. Tourbillon: Girard-Perregaux La Esmeralda Tourbillon
  9. Travel Time: Fabergé Visionnaire DTZ
  10. Mechanical Exception: Audemars Piguet Royal Oak Concept Supersonnerie -
  11. Petite Aguille (Lower Price): Tudor Heritage Black Bay Bronze
  12. Sports: Eberhard & Co. Scafograf 300
  13. Jewelry: Chanel Secret Watch 'Signature Grenat'
  14. Revival: TAG Heuer Heuer Monza Chronograph
  15. Public: Czapek Genève 33 bis Quai des Bergues

Jam tangan yang memenangkan penghargaan GPHG 2016 telah dipamerkan Seoul, Roma, Genewa dan pada November 2016 mereka ikut melakukan eksibisi di Dubai Watch Week. Kegiatan Dubai Watch Week ini sendiri merupakan sebuah event global yang didedikasikan untuk craftsmanship dan inovasi di industri jam tangan.

Bagikan ke Teman :  

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Maya
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 085-35-858-2012
  • PIN BBM : 7513C416
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim