Pentingnya Jam Tangan Tenaga Surya Bagi Kamu yang Gemar Mendaki Gunung

Timing menjadi salah satu aspek yang perlu kamu siapkan sebelum melakukan pendakian. Perhitungan yang matang bakal memaksimalkan pengalaman sekaligus menjauhkan petualanganmu dari beragam macam bahaya. Dari hal terkecil seperti jam keberangkatan hingga bulan terbaik untuk mendaki bakal mempengaruhi kualitas pendakian tersebut.

   

Dalam hal ini, arloji atau jam tangan berperan penting sebagai alat penunjuk waktu. Dari sekian jenis jam tangan yang beredar di pasaran, ada jam tangan tenaga surya yang sudah dipercaya membantu pendaki saat melakukan perjalanan ke puncak gunung. Lantas, seberapa besar pengaruh dan manfaat jam ini di dalam pendakian?

Mudah diisi ulang saat mendaki gunung

Jam tangan konvensional pada umumnya mengandalkan button battery dan dry battery sebagai sumber tenaga. Sayangnya, jenis baterai tersebut kurang bersahabat dengan lingkungan, karena bakal langsung menjadi sampah begitu tak mampu lagi menyuplai tenaga pada jam tangan.

Lain ceritanya dengan jam tenaga surya. Seperti namanya, tipe arloji ini digerakkan oleh sinar matahari. Cara kerjanya pun tidak terlalu rumit. Cahaya yang masuk ke baterai surya (unit baterai yang berada di bawah dial) bakal diubah jadi tenaga listrik. Kemudian, energi akan disimpan pada baterai yang dapat kamu isi ulang dan dipakai untuk menjalankan jam.

Ya, jam tangan tenaga surya menggunakan rechargable battery sebagai penyokong energinya, sehingga ramah lingkungan dan akan menghemat pengeluaran. Pendaki yang menggunakan jam ini tidak kesulitan saat baterai habis, karena mereka tinggal mengisinya kala matahari sedang melimpahkan cahaya. Lebih mudah, bukan?

Cara isi ulang baterai jam tangan tenaga surya

Meski pengisian rechargable battery pada jam tangan tenaga surya relatif mudah, ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan agar charging berjalan lancar. Sebelum berangkat mendaki, isi dulu baterai jam dengan menyimpannya di dekat jendela dan biarkan benda tersebut terpapar sinar matahari. Selain itu, pastikan arloji tidak mengalami kenaikan suhu secara drastis saat dayanya diisi ulang. Sementara saat kamu di gunung, charging bisa lumayan menyulitkan bila kamu sedang mendaki. Akan tetapi, kalau kamu mendapatkan waktu istirahat di siang hari, manfaatkan jeda tersebut untuk mengisi baterai jam.

Tip merawat jam tangan supaya tidak cepat rusak

Selain ramah lingkungan jam tangan tenaga surya juga cocok untuk pendaki karena tahan lama. Seperti yang telah disebutkan, rechargable battery yang disematkan pada benda ini memungkinkannya bertahan selama berminggu-minggu maupun berbulan-bulan. Namun, kalau perawatannya kurang baik, usia jam tangan tersebut malah bisa lebih pendek.

Maka dari itu, kamu harus merawat jam tangan tenaga surya sesuai kapasitas. Beberapa faktor yang dapat mengurangi efisiensi baterai pada arloji ini adalah ausnya komponen mekanis, kontaminasi, atau adanya degradasi minyak. Supaya jam tangan tenaga surya mampu diajak mendaki lebih lama, servis setiap tiga atau empat tahun untuk menjaga fungsi setiap komponen.

Kamu juga harus memeriksa sisa-sisa minyak pelumas, mur kendor, karat/korosi, keringat, atau cacat lain di jam tangan tersebut. Jika ada komponen aus, segera ganti dengan yang baru. Langkah ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada jam tangan tenaga surya. Apalagi kalau sering dibawa bepergian ke alam bebas seperti gunung.

Bagaimana cara menjaga energi jam tangan solar?

Kunci utama menjaga umur jam tangan tenaga surya terletak pada jadwal pengisian ulang baterai. Kamu yang memiliki arloji tersebut disarankan buat mengisi dayanya sebulan sekali selama lima sampai enam jam di bawah cahaya matahari. Jika jam tangan tidak dipakai, simpan pada tempat yang terkena sinar sang surya. Letakkan di tempat-tempat yang tidak akan menimbulkan peningkatan temperatur seperti di samping jendela. Hindari dasbor mobil, karena arloji yang terkena panas matahari dalam waktu yang lama akan mengalami kerusakan—baik dari segi komponen hingga bahan pergelangannya.

Dengan keunggulan dan kemudahan yang diberikan, wajar saja bila jam tangan tenaga surya diminati para pendaki pemula hingga profesional. Jangan lupa untuk merawat arloji ini sebaik mungkin agar kamu tidak sering menggantinya gara-gara rusak atau hilang saat mendaki.

Bagikan ke Teman :  

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Admin
  • Marketing : Tiara, Deri
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0853-58-58-2012
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim