Perbedaan Jam Kuarsa Swiss dan Jepang

Jam Quartz/Kuarsa analog atau digital menggunakan osilator elektronik yang diatur oleh kristal kuarsa untuk mengukur waktu. Quartz adalah silikon dioksida, yang merupakan mineral kristal yang ditemukan di pasir dan kerak bumi. Jam tangan kuarsa dijalankan menggunakan irisan tipis kuarsa buatan yang bergetar dan menghasilkan muatan listrik, yang memungkinkan jam tangan untuk tetap bergerak. Swiss dan Jepang telah menjadi pelopor jam tangan kuarsa sejak pertengahan abad ke-20. Namun, Swiss dan Jepang terus-menerus melakukan persaingan untuk menjadi produsen top kuarsa dunia.

Sejarah Quartz Swiss

Selama Perang Dunia II, Swiss memonopoli produksi jam tangan publik, sementara negara-negara lain bergeser pembuatan jam mereka untuk membuat jam tangan militer. Ketika arloji kuarsa diperkenalkan pada awal 1950-an, produksi jam tangan kuarsa meledak. Namun, Swiss menolak perubahan karena mereka tidak ingin mengubah cara-cara tradisional Swiss. Oleh karena itu, pada 1970-an, industri jam Swiss jatuh ke dalam krisis, yang disebut "Krisis Quartz." Meskipun Swiss memperkenalkan arloji kuarsa pertama mereka pada tahun 1971, Ebauches SA Beta 21, jam kuarsa mereka tidak memperoleh popularitas sampai tahun 1983, hingga mereka memperkenalkan versi ramping jam kuarsa, yang "Swatch."

Sejarah Quartz Jepang

Sementara Swiss yang terperosok dalam krisis Quartz, Jepang sedang menikmati "Revolusi Quartz." Meskipun Swiss mulai mengembangkan arloji kuarsa pada tahun 1960, Seiko, perusahaan manufaktur jam tangan premier Jepang, mengalahkan Swiss dengan pengenalan jam kuarsa portabel, Seiko Kristal Chronometer QC-951. Pada Hari Natal tahun 1969, Jepang kemudian meluncurkan jam tangan kuarsa komersial pertamanya, Astron. Sepanjang tahun 1970-an, Jepang adalah eksportir terbesar di dunia arloji kuarsa elektronik.

Jam Tangan Kuarsa Swiss

Jam tangan Swiss kuarsa benar-benar dibuat dengan bahan Swiss terbaik agar layak disebut jam tangan kuarsa Swiss. Federasi Industri Jam Tangan Swiss memiliki daftar aturan "Verordnung Swiss Made" yang menyatakan: sebuah jam tangan kuarsa Swiss dapat diakui jika memiliki gerakan Swiss yang dibuat oleh produsen Swiss, dan dibuat di Swiss. (Gerakan Sebuah arloji adalah mekanisme penunjuk waktu yang benar.) Meskipun Jepang adalah yang pertama untuk memperkenalkan jam tangan kuarsa di pasar, jam tangan Swiss umumnya lebih mahal karena gerakan Swiss dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Jam Kuarsa Swiss dikenal handal, akurat, serta tahan air dan guncangan(water-resistant dan shock-resistant).

Jam Tangan Kuarsa Jepang

Produsen kuarsa utama Jepang, Seiko, telah menghasilkan jam tangan yang lebih kecil, dan lebih terjangkau sejak 1960-an. Jepang menghilangkan casing jam tangan besar dan baterai yang berumur pendek dengan mengurangi volume casing jam tangan dan mengurangi konsumsi dayanya. Kuarsa Jepang juga shock resistant dan tahan air, serta memiliki alarm otomatis. Kuarsa Jepang dikenal karena akurasinya, dan digunakan sebagai pencatat waktu resmi di banyak Olimpiade . Meskipun jam tangan kuarsa Swiss dan Jepang sama-sama fungsional, jam tangan berkualitas, Swiss saat ini merupakan eksportir terbesar jam tangan kuarsa.

Bagikan ke Teman :  

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Ulwan
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 085-35-858-2012
  • PIN BBM : 7513C416
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim