Perbedaan Jam Mekanikal Dan Quartz

Jam tangan adalah salah satu penemuan yang sangat tua. Jam tangan pertama kali muncul di pertengahan tahun 1500-an. Jam tangan elektronik muncul pada 1960-an, ketika mikro-komponen elektronik diciptakan. Beberapa jam tangan kuarsa disebut elektro-mekanik, karena menggabungkan elektro dan bagian internal mekanik. Perbedaan waktu penemuan sangat menonjol, namun perbedaan yang signifikan lain juga ada. Berikut beberapa perbedaannya.

Perbedaan Sejarah

Jam tangan mekanik diciptakan sekitar pertengahan 1500-an, menurut sejarawan Alan Costa dan Michael Murray dari Klinik Jam Mike. Jam tangan awalnya kasar dan tidak akurat, dan harus sering disesuaikan. Penemuan jam tangan kuarsa dapat ditelusuri pada tahun 1960-an, menurut Smithsonian Institution. Perbedaan waktunya sekitar 460 tahun antara dua penemuan.

Mekanisme Operasinya

Sebuah jam tangan mekanik menggunakan listrik. Sebaliknya, sumber dayanya menggunakan pegas. Pegas tesebut menyalurkan energi melalui roda gigi internal, menggerakan jarum jam. Sebuah arloji kuarsa membutuhkan listrik sebagai sumber energinya. Sebuah baterai kecil memberikan tenaganya. Ketika listrik dihubungkan pada sepotong kecil kuarsa, yang disebut kristal, maka ia akan bergetar. Getaran ini dirasakan oleh komponen elektronik lainnya, yang mengubah tingkat getaran menjadi tenaga. Beberapa jam tangan kuarsa disebut elektro-mekanis. Getaran ini digunakan untuk menggerakkan roda gigi, untuk menggerakan jarum jam. Semua jam tangan elektronik memiliki tampilan numerik, yang menampilkan waktu sebagai angka.

Perbedaan Biaya

Sebagai aturan umum, presisi jam tangan mekanik menghabiskan biaya jauh lebih banyak dari jam tangan elektronik. Untuk membuat arloji mekanik membutuhkan banyak gigi yang sangat kecil, tuas, dan pergas. Hal ini mengahabiskan waktu dan uang untuk membuatnya. Semua komponen internal dirakit oleh pembuat jam, yang harus dibayar upah. Semua ini menjadikannya sebagai sebuah jam yang mahal. Di sisi lain, jam elektronik diproduksi secara massal dengan harga murah. Jam tangan modern diproduksi menggunakan mesin, sehingga biaya tenaga kerja berkurang. Hal ini membuat jam tangan elektronik menghabiskan biaya pembuatan yang murah.

Perbedaan Akurasi

Menurut para ahli jam tangan di Time Prestige, jam tangan kuarsa jauh lebih akurat daripada jam tangan mekanik. Para ahli menyatakan bahwa untuk mencapai 99 persen akurasi dalam jam tangan mekanik adalah sebuah prestasi. Ini dikarenakan panas, kelembaban, dan medan magnet di dekatnya yang mempengaruhi mekanisme. Sebaliknya, kristal kuarsa bergetar sangat akurat bila diberi tegangan listrik.

Bagikan ke Teman :  

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Ulwan
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 085-35-858-2012
  • PIN BBM : 7513C416
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim