Tipe dan Karakteristik Kulit

Kulit adalah jenis bahan yang diproduksi dari kulit hewan seperti domba, domba, babi, sapi, kerbau, kambing dan rusa. Kelembutan, kekenyalan, kualitas, karakteristik dan biaya kulit tergantung pada asal kulit tersebut. Kulit yang berasal dari domba, anak-anak domba dan kambing adalah yang paling mahal. Kulit dari kulit babi, kerbau dan sapi cenderung lebih keras, lebih tahan lama dan lebih murah. Kulit terbagi dalam nappa, nubuck, suede dan kulit yang disikat. Kulit merupakan salah satu bahan yang sejuk, dan selain itu bahan-bahannya alami dan sesuai dengan bentuk pemakainya dan memberikan manfaat seperti kehangatan dalam suhu dingin dan kesejukan di suhu panas. Berikut karakteristik dan tipe dari beberapa jenis kulit:

Kulit Nappa

Kulit Nappa adalah salah satu jenis kulit yang paling mahal dari beberapa jenis kulit. Dengan karateristik lembut, dan terdapat butiran-butiran kulit yang biasanya terbuat dari kulit domba atau anak-anak. Kulit nappa ini sangat lentur dan ringan. Kulit nappa digunakan untuk membuat tas mewah, sarung tangan, sepatu, aksesoris, koper dan pakaian. Sebuah lapisan atau lilin sering diaplikasikan pada permukaan kulit nappa untuk membuat penampilannya nampak halus, mengkilap atau pearlescent. Dengan melakukan hal ini akan memberikan kekuatan tambahan dan daya tahan untuk kulit sehingga membutuhkan perawatan khusus dan pembersihan.

Kulit Nubuck

Kulit nubuck adalah jenis kulit yang telah diampelas atau digiling untuk menghasilkan, kulit mewah yang lembut, dan memiliki permukaan beludru. Beberapa kulit nubuck lebih mahal daripada kulit nappa biasa. Nubuck terbuat dari full-grained kulit yang digosok di sisi biji-bijian untuk menghasilkan kulit yang lembut, mirip dengan suede. Proses ini dilakukan secara hati-hati sehingga kulit memantulkan cahaya dan memiliki sedikit efek dua warna. Nubuck adalah kulit yang amat terawat sehingga nampak berkilauan dan terasa sedikit berminyak.

Kulit Suede

Suede adalah kulit lembut yang terbuat dari bagian bawah kulit domba, kambing, babi, sapi atau rusa. Suede lebih murah daripada nappa atau nubuck dan cocok untuk penggunaan sehari-hari. Sehingga membuatnya akan sangat mudah kotor dan sulit dibersihkan. Kulit ini harus dirawat untuk mencegah kotoran yang terkumpul dari pemakaian sehari-hari dan membuatnya mengkilap pada saat penggunaan sehari-hari. Suede digunakan untuk membuat tas, pakaian, sepatu, sarung tangan, dan aksesoris lain seperti jam tangan Casio Sheen:SHE-5025BL-1A.

Kulit Yang Disikat

Sapi dan babi adalah binatang berkulit tebal dan tangguh sehingga membuatnya jenis kulit yang paling tahan lama dan termurah dari kulit lainnya. Kulit yang disikat atau dicuci terbuat dari irisan tipis dari kulit yang telah digiling atau dicuci untuk menghasilkan kulit seperti nubuck. Kulit dengan kualitas premium digunakan untuk menghasilkan kulit yang disikat, dan lebih murah daripada nappa, nubuck atau suede, namun masih lebih mahal daripada kulit tebal yang tidak terawat.

Bagikan ke Teman :  

Tinggalkan komentar

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami
  • Penulis : Ulwan
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 085-35-858-2012
  • PIN BBM : 7513C416
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim